Lakukan 5 Cara Ini Agar Sepatu Sekolah Anak Awet

Selain menghindari berbagai kesalahan saat merawat sepatu sekolah anak, kamu juga perlu melakukan hal-hal berikut ini agar alas kaki buah hati kesayanganmu tetap awet dan bisa dipakai sampai jangka waktu maksimal.

1. Simpanlah Sepatu di Tempat Kering dan Bersih

Idealnya, kamu harus menyediakan ruangan kecil yang kering dan bersih di rumah untuk menyimpan sepatu semua anggota keluarga. Namun, jika hal ini sulit diwujudkan, kamu bisa mengatasinya dengan meletakkan rak sepatu di teras atau ruang depan yang sudah disapu dan tidak lembap. Ketika sepatu disimpan di rak dan tidak digunakan, jangan lupa memasukkan gulungan koran, kertas, atau silica gel. Hal ini untuk menghindari kelembapan dan mencegah serangga atau benda tak diinginkan masuk ke bagian dalam sepatu.

Kamu juga harus rutin mengecek daerah sekitar rak sepatu untuk menjaga kekeringannya. Selain itu, tutplah rak dengan kain atau plastik agar terhindar dari debu dan kotoran. Ingat, kering dan bersih adalah dua hal utama dalam perawatan sepatu sekolah anak.

2. Bersihkan sepatu sekolah anak dengan benar

Sepatu sekolah dipakai anak hampir setiap hari. Bisa dipastikan banyak debu dan kotoran yang menempel di permukaannya. Sebagai orangtua, kamu tentu boleh membantu mencuci sepatu sekolah anak. Cucilah sepatu setidaknya seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan air sabun dan gosok dengan sikat gigi bekas secara perlahan. Untuk menjaga warna dan menghilangkan bau tak sedap, mencuci dengan larutan baking soda juga bisa jadi alternatif.

Satu hal lagi yang harus kamu ingat dalam urusan mencuci sepatu, yaitu sepatu tidak bisa dicuci dengan mesin cuci. Jika kamu tetap melakukan hal ini hanya karena alasan kepraktisan, maka sepatu akan cepat rusak dan umur pemakaiannya kian pendek.

3. Semir sepatu sekolah anak dengan rutin

Cara satu ini khusus untuk sepatu hitam. Mengingat masih banyak sekolah yang mewajibkan siswa-siswinya menggunakan sepatu berwarna hitam, maka rutin merawatnya tentu menjadi keharusan. Sekilas, sepatu berwarna hitam tidak cepat kotor dibandingkan sepatu warna lain. Namun, jika tidak pernah dibersihkan, tampilannya tetap saja kusam dan tidak terawat.

Minimal seminggu sekali, semirlah sepatu dengan sikat dan semir hitam. Sebelum disemir, bersihkan dahulu debu yang menempel dengan kain basah. Jika kamu rutin menyemir sepatu, dijamin tampilannya akan mengilap dan lebih apik.

4. Ajak anak memakai sepatu sekolah sesuai fungsinya

Sebagai orangtua, kamu tidak boleh lelah mengingatkan anak untuk memakai sepatu sesuai fungsinya. Misalnya, sepatu olahraga digunakan saat olahraga, sedangkan sepatu pantofel digunakan saat jam sekolah lainnya atau saat menghadiri acara formal. Menggunakan sepatu sesuai dengan tujuannya akan menghindari sepatu dari kerusakan.

Contohnya, ketika pelajaran olahraga. Terkadang si Kecil lupa membawa sepatu olahraga untuk jam olahraga. Terpaksa anak memakai sepatu wajib yang sudah ditentukan sekolah, padahal sepatu itu bukanlah sepatu olahraga. Hal ini membuat anak sulit bergerak dan kaki bisa cedera. Jadi, ingatkan si Kecil untuk selalu memakai sepatu sesuai perannya.

5. Ajari anak melepas sepatu dengan benar

Bagaimana cara anak melepaskan sepatu juga mempengaruhi awet atau tidaknya benda ini. Jika si Kecil salah melepaskannya, kerusakan pun cepat terjadi. Sayangnya, karena sering terburu-buru, anak malah menginjak salah satu bagian tumit sepatu dengan sepatu sebelahnya agar lebih praktis. Cara yang keliru ini mengakibatkan bagian belakang sepatu cepat rusak.

 

 

Tahukah kamu bahwa cara melepaskan sepatu juga ada tekniknya? Tergantung sepatu jenis apa yang si Kecil pakai. Jika menggunakan sepatu model tali, tentu talinya harus dilepaskan terlebih dahulu. Sedangkan bila menggunakan velcro, anak harus menarik pengait velcro-nya. Setelah itu, lepaskan sepatu dengan lembut dan gunakan bantuan tangan untuk memudahkan proses melepaskan sepatu.

Itulah lima cara supaya sepatu sekolah anak dapat awet dan tahan lama. Semoga membantu kamu dalam perawatan sepatu sekolah si buah hati, ya. Selamat mencoba.



Older Post Newer Post