Cara Tepat Menentukan Sepatu untuk Anak

Setelah diharuskan memilih sekolah yang tepat anak usia prasekolah dan TK, Anda juga harus memilih sepatu yang cocok untuk anak. Pada tahap ini, anak akan menghabiskan banyak waktu dengan sepatu sekolahnya. Jadi pilihlah sepatu yang berkualitas dan nyaman untuknya. Berikut adalah beberapa saran yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sepatu untuk anak.

Perhatikan dengan baik lebar, panjang, dan kedalaman sepatu saat Anda mencobanya di kaki anak. Anak-anak sehat mengalami perkembangan yang cepat, sehingga mereka membutuhkan sepatu baru setidaknya 3-4 bulan sekali. Untuk anak yang berumur 3 tahun ke atas, kakinya bisa tumbuh sepanjang setengah kaki tiap 4-6 bulan.

Sepatu yang kurang sesuai ukurannya mampu mengakibatkan beberapa gangguan, di antaranya kuku tumbuh ke dalam daging (cantengan), gangguan jari kaki, kapalan, pembengkokan jari, dan ibu jari membengkak. Segeralah berkonsultasi pada dokter jika Anda menemukan persoalan mengenai gangguan tersebut. Periksalah dengan baik kedalaman sepatu dan pastikan bagian atasnya tidak menekan jari dan kuku anak. Pilihlah sepatu dengan ujung membulat agar jari kaki anak bisa bergerak bebas.

 

 

Secara umum sepatu anak terdiri atas empat bagian penting, yaitu sol dalam, sol luar, bagian atas,  dan tumit.

  • Pilih sol dalam yang memiliki bantalan serta bisa menyerap kelembapan pada kaki anak. Anak usia prasekolah maupun TK masih memiliki telapak kaki yang rata, sehingga mereka tidak membutuhkan penyangga pada sol dalam sepatu. Penyangga ini dibutuhkan saat anak berumur 6 atau 8 tahun.
  • Sol luar berguna untuk memberikan elastisitas pada sepatu sehingga kaki anak tidak terbebani serta lebih nyaman saat berjalan. Hindari sol luar yang bertekstur tebal dan lunak karena jenis sol ini membuat anak mudah terjatuh.
  • Kaki anak sering kali berkeringat, sehingga sebaiknya pilih bagian atas sepatu yang baik  sirkulasi udaranya. Hindari bagian atas sepatu berbahan plastik, pilihlah bahan lain, seperti kulit dan kanvas.
  • Anak usia prasekolah dan Tk boleh menggunakan sepatu bertumit, asalkan tidak lebih dari 1 inchi. Bagian tumit yang tinggi bisa mengakibatkan berat badan bertopang ke bagian depan tubuh dan membuat jari tertekan
    • Sneakers

    Model ini cukup nyaman dikenakan anak ketika sekolah dan menjadi sepatu favorit bagi anak laki-laki. Meski digunakan untuk jalan, lari, hingga loncat-loncat, sneakers tetap nyaman untuk dikenakan. Sepatu model ini bisa dengan mudah dijumpai dengan berbagai ukuran, model, dan warna.

    • Pump Shoes (Pumpkin shoes)

    Dinamakan begitu karena bagian depan sepatu model ini berbentuk seperti labu. Model bulat dan tanpa hak ini sangat cocok dikenakan anak perempuan untuk berbagai kegiatan. Pilihlah bahan velvet atau satin untuk kegiatan di dalam ruangan, seperti les, bermain, dan menemani Anda belanja. Sedangkan kegiatan di luar ruangan, Anda bisa memilih model sepatu ini dengan bahan karet sintetis.

    • Boots

    Saat ini tidak hanya orang dewasa saja yang mengenakan boots dalam beraktivitas. Sepatu model ini juga sangat nyaman bagi anak-anak, terlebih saat musim hujan. Dulunya sepatu model ini digunakan para tentara militer saat berperang. Sekarang sepatu boots bisa dipakai dalam berbagai kesempatan. Dengan model yang terus berkembang, sepatu model ini juga sesuai dikenakan saat anak bersekolah.

    Demikianlah cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam menentukan sepatu untuk anak. Simpan sepatu anak di tempat yang kering untuk menjaganya tetap bersih dan aman. Jangan menyimpannya di tempat lembap karena akan memicu timbulnya jamur yang membuat sepatu mengeluarkan bau tidak sedap.



Older Post Newer Post