Tips Memilih Kemeja Putih Polos Saat Interview Kerja

Tampil Nyaman Tampil Percaya Diri Tampil Profesional Tampil Rapi

Kemeja putih polos adalah pilihan paling netral dan mudah yang akan membantu penampilan Anda saat akan melakukan interview pekerjaan. Sesi interview adalah saat Anda pertama kali bertemu dengan calon atasan atau rekan kerja, jadi momen ini adalah momen penting dan penampilan Anda harus meninggalkan kesan yang baik di mata mereka.

Cara Memilih Kemeja Putih Polos Sebelum Interview

Bagi para fresh graduate yang baru saja akan masuk ke lingkungan kerja, kemeja putih polos dipadukan dengan rok atau celana hitam saat akan interview sudah menjadi penampilan andalan. Penampilan seperti ini memang sederhana tapi pasti akan terlihat rapi. Tapi penampilan seperti ini bisa jadi terlihat membosankan apabila Anda melamar di industri kreatif. Lakukan sedikit modifikasi dengan mengganti kemeja putih dengan kaos polo putih polos.

Walaupun Anda melamar di industri kreatif yang biasanya non-formal, jangan sekali-sekali datang ke sesi interview hanya dengan kaos dan jeans. Penampilan seperti ini akan membuat Anda tidak serius dan menganggap remeh sesi interview. Anda tetap harus menghargai perusahaan yang sudah memberi kesempatan sesi interview kepada Anda dengan penampilan yang rapi dan profesional.

Apabila Anda melamar di perusahaan yang formal seperti bank, firma hukum, atau firma public relation, tentunya penampilan pun harus disesuaikan. Kemeja lengan panjang sudah pasti sebuah keharusan. Perusahaan-perusahaan seperti ini tentunya sangat mengutamakan penampilan saat Anda pertama kali bertemu di sesi interview. Perusahaan ini ingin Anda menjadi garda depan di saat harus berhubungan dengan para klien.

Warna kemeja juga menentukan karakter yang ingin Anda tampilkan. Warna kemeja putih memberi kesan kalau Anda adalah seorang yang well-organized. Selain warna, size juga patut diperhatikan. Jangan Anda memakai kemeja yang kebesaran atau juga yang terlalu ketat. Luangkan waktu untuk membeli kemeja yang sesuai dengan size Anda. Coba dulu di fitting room dan lihat di kaca apakah kemeja yang akan Anda beli sudah sesuai dengan ukuran badan Anda.

Perhatikan Kebersihan Kemeja Putih Anda

Satu hal yang harus Anda jaga adalah jangan sampai kemeja putih polos Anda terkena kotoran. Warna putih amat sangat rawan terkena kotor. Apabila Anda menggunakan transportasi umum saat akan berangkat menuju sesi interview, lebih baik Anda menggunakan jaket dahulu dari rumah agar kemeja putih polos Anda tetap bersih saat sudah tiba di lokasi. Blazer juga bisa jadi pilihan pengganti jaket, terutama bila Anda akan interview di perusahaan formal.

Kebersihan penampilan Anda tentunya akan menjadi nilai lebih di mata orang yang mewawancara Anda. Kebersihan penampilan juga mencakup keharuman Anda. Jangan sampai saat akan interview Anda tiba dengan bau keringat akibat berjibaku di transportasi umum. Semprotkan parfum secukupnya, tidak perlu berlebihan yang malah akan bikin orang sekeliling pusing mencium bau Anda.

Selain pakaian yang rapi, sepatu juga adalah salah satu point penting dalam keseluruhan penampilan. Jangan sampai penampilan Anda sudah rapi, tapi Anda malah memakai sneaker. Gunakan fantofel atau oxford shoe apabila Anda pria, dan gunakan sepatu tertutup dengan hak apabila Anda wanita. Tidak perlu hak tinggi bak model yang justru malah membuat Anda tidak nyaman.

Nyaman adalah kunci utama keseluruhan penampilan Anda saat akan melakukan interview kerja. Jangan menggunakan pakaian yang membuat Anda justru tidak nyaman. Ketidaknyamanan itu akan terlihat dari gerak-gerik Anda saat interview. Apabila Anda menggunakan pakaian yang nyaman, tentu Anda akan lebih tenang dan percaya diri.



Older Post Newer Post