TIPS MEMILIH KEMEJA PRIA

Tampil Menarik Telihat Lebih Nyaman Terlihat Lebih Cerah Terlihat Rapi

 

Salah satu baju atasan yang sangat digemari oleh para pria adalah kemeja yang dulu identik dengan pakaian kerja karena memang terkesan begitu formal, khususnya kemeja yang berwarna netral seperti hitam, putih, coklat, dan abu-abu. Namun kini kemeja sudah banyak dipakai pada beberapa kesempatan atau acara selain untuk bekerja, misalnya untuk berekreasi, pergi ke kampus, maupun acara-acara santai lainnya.

Sayangnya kebanyakan pria cenderung kurang memperhatikan penampilannya, padahal sama halnya dengan para wanita, penampilan juga sangat penting bagi pria. Para pria cenderung memilih pakaian yang nyaman saja tanpa mempedulikan penampilannya secara keseluruan, padahal pakaian merupakan bagian dari kepribadian seseorang yang memiliki kesan tersendiri di mata orang lain yang berinteraksi dengannya.

Pakaian yang baik tentu saja akan memberikan kesan yang baik pula, begitu pula halnya dengan kemeja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda akan mengenakan kemeja. Karena meskipun kini pada prakteknya kemeja dapat digunakan pada berbagai kesempatan atau acara, jangan sampai Anda salah kostum. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan bila Anda akan memilih kemeja agar dapat tampil lebih maksimal:

Pilih Kerah Sesuai Bentuk Wajah

Agar terlihat lebih proporsional, pilihlah kemeja yang sesuai dengan bentuk wajah Anda. Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah bulat, disarankan agar Anda memilih kemeja berkerah tinggi yang tidak lebar. Kerah dengan model seperti ini sangat cocok bagi Anda karena memberi kesan tinggi pada leher Anda. Sedangkan bagi Anda yang memiliki bentuk wajah tirus, disarankan agar Anda memilih kemeja berkerah rendah.

Bahan Yang Bagus

Pilihlah kemeja dengan bahan yang membuat Anda merasa nyaman. Anda dapat memilih kemeja berbahan katun yang ‘adem’ di kulit dan mudah menyerap keringat sehingga selain Anda tidak mudah merasa gerah, Anda juga tidak perlu takut mudah terkena penyakit kulit yang disebabkan oleh keringat yaitu biang keringat. Anda pun dapat memilih kemeja berbahan polyster yang tidak mudah kusut, sehingga penampilan Anda dapat terlihat rapi sepanjang hari.

Tidak ada salahnya jika Anda memiliki beberapa kemeja dengan berwarna netral dengan harga yang agak mahal berbahan premium yang lebih tebal dan tidak mudah kusut sebagai bentuk investasi pada penampilan Anda. Daripada Anda memilih kemeja berharga murah yang mudah kusut dan berbahan tipis yang biasa mudah rusak sehingga Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli kemeja baru hanya karena masa penggunaannya yang sebentar dan tidak awet.

Sesuai Warna Kulit


Hindari penggunaan kemeja berwarna gelap jika Anda memiliki kulit gelap, karena akan membuat penampilan Anda menjadi kurang menarik karena warna kulit Anda akan terkesan ‘tenggelam’ dengan warna kemeja yang Anda kenakan. Sebaliknya, pilihlah warna-warna cerah seperti putih, putih gading, krem, biru muda, hijau toska, dan merah marun, karena dengan mengenakan warna-warna ini akan membuat kulit Anda nampak lebih cerah.


Kemeja Untuk Kulit Gelap

Apabila Anda memiliki kulit berwarna putih, maka Anda tidak perlu pusing memilih warna kemeja lagi, karena kulit putih cocok mengenakan warna apa saja sehingga Anda bebas memilih warna yang Anda inginkan. Khusus pada siang hari, sebaiknya gunakan kemeja dengan warna-warna yang cerah untuk memberikan kesan energik dan dinamis seperti warna-warna pastel yang kini sedang digemari oleh kalangan pria dan wanita.

Sesuai Ukuran Badan

Untuk mendapatkan penampilan yang eye catching, maka pilihlah kemeja yang sesuai dengan ukuran badan Anda, jangan mengenakan kemeja yang terlalu besar karena kurang enak dipandang atau kemeja yang terlalu kecil karena akan membuat Anda merasa tidak nyaman karena sesak di badan, apalagi jika kancing kemeja Anda sampai mencuat ke permukaan karena kemeja yang terlau sempit, Anda bisa menjadi bahan pembicaraan orang lain.

Ada cara untuk mengetahui pas atau tidaknya ukuran kemeja dengan tubuh Anda, perhatikanlah garis jahitan sambungan pada bahu, jika garis tersebut pas di ujung bahu kanan dan kiri Anda maka kemeja tersebut pas di badan Anda. Selain itu pastikan juga kemeja tidak menggelembung ketika dimasukkan ke dalam celana, apabila dikancingkan bahan tidak tertarik keluar, dan kerah tangan kemeja jatuh tepat di pangkal pergelangan tangan Anda.

Pilih Motif Kemeja Sesuai Bentuk Tubuh

Apabila Anda memutuskan untuk memilih kemeja yang tidak polos atau bermotif, maka Anda harus menyesuaikannya dengan tubuh Anda. Bagi Anda yang memiliki tubuh besar, disarankan agar memilih motif garis vertikal. Jenis motif seperti ini sangat cocok bagi Anda karena memberi kesan lebih ramping dan tegak pada tubuh Anda. Sedangkan bagi Anda yang memiliki tubuh kurus, disarankan agar memilih motif garis horizon atau kotak-kotak. Jenis motif seperti ini sangat cocok bagi Anda karena dapat membuat tubuh Anda terlihat lebih berisi dan bidang

Motif Kemeja

Selain ketiga motif tersebut di atas, masih banyak lagi motif kemeja yang lebih beragam seperti animal print, mozaik, kolase, lukisan, dan floral yang memberikan kesan energik. Namun sebaiknya pilihlah kemeja dengan bermotif kecil, kecuali jika Anda ingin menjadi pusat perhatian dengan mengenakan kemeja bermotif besar, karena perhatian semua orang akan terfokus pada kemeja yang Anda kenakan.



Older Post Newer Post